Sunday, June 29, 2014

Pasien dengan kelainan polip gingiva (cuma sharing..)

jadi gw dapet pasien, cewe, 33 tahun.
tadinya gw cuma mau ekstraksi gigi gigi anterior (depan) nya aja karena kebetulan reqruitment gw belom full.
ternyataa temen gw liat, ibu ini ada polip gingiva nya!!
yess..bisa dijadiin kasus CST.
gw bukannya seneng orang sakit loh yaa sungguh!
maksudnya kan gw bisa bantu dia sembuh sementara dia juga bantu gw menuju lulus.
jadiiiii CST (chair side teaching) itu, mahasiswi presentasi didepan dokter dan koass2 lain tentang kasus kasus yang ga biasa.
setelah itu mereka boleh nanya,nyanggah,nambahin,dll.
kalo di bagian ekstraksi ini misal nya kaya kasus polip gingiva atau polip pulpa atau ekstraksi pasien dengan kelainan sistemik kaya diabetes, hipertensi dll. gitu.
jadi yaa gw jadiin bahan CST lah ibu ini.
ini dia polipnya


 ini klinis nya


 ini foto rontgen nya

gimana cara bedain polip pulpa sama polip gingiva?
yaa yang jelas, polip pulpa ya berasal dari pulpa,polip gingiva ya berasa dari gingiva. ha ha ha.
ya silakan browsing atau baca baca text book lah yaa :))
akhirnya setelah gw presentasiin tentang sedikit teori tentang polip gingiva ini,identitas pasien,rancana perawatan, lanjutlah gw ekstraksi gigi nih pasien.
sebelumnya premedikasi gw kasih amoxicillin buat 3 hari.
dan tibalah hari itu jeng jeng..
karena setelah tindakan gw harus presentasi lagi, namanya LK (laporan kasus), sama, didepan dokter dan koas2 lain.
makanya tiap step harus di bahas dan di foto..




1.polip gingiva nya
2.keringin daerah yang bakal di anastesi 
3.asepsis (colek pake betadin) daerah yang mau di anastesi
4.kasih anastesi topikal
5.anastesi blok mandibula
6. gigi diambil pake bein (polipnya ikut keangkat)
7.gigi keambil
8. kuret,spooling
9. tadaaaaa

ya begitulah kira kira cara kerja gw, gak ditulis semua disini ya perintilan nya heheheh.abis itu pasien gw intruksi buat gigit tampon yang udah dikasih betadin. gw kasih pasien asam mefenamat diminum kalo sakit dan amoxicillin lagih. "kalo ada keluhan SMS saya ya bu.."
kemudian pasien pulang. *buang nafas*
bismillah semoga semua lancaaar :D